ONE DAY ONE HADITS: Jangan Marah

ONE  DAY  ONE  HADIST

Selasa, 11 Februari 2020 / 10 Jumadil Akhir 1441H


ONE DAY ONE HADITS: Jangan Marah - MBAJ
ONE DAY ONE HADITS: Jangan Marah - MBAJ

Jangan Marah

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَجُلاً قَالَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: أَوْصِنِي، قَالَ : لاَ تَغْضَبْ فَرَدَّدَ مِرَاراً، قَالَ: لاَ تَغْضَبْ [رواه البخاري]

Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu sesungguhnya seseorang bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam : (Ya Rasulullah ) nasihatilah saya. Beliau bersabda : Jangan kamu marah. Beliau menanyakan hal itu berkali-kali. Maka beliau bersabda : Jangan engkau marah. (Riwayat Bukhari)

Pelajaran yang terdapat dalam hadits:


1- Sabda beliau: (لا تغضب ) maknanya adalah: jangan engkau realisasikan kemarahanmu, dan larangan tersebut bukan kembali kepada sifat marah itu sendiri, karena sifat marah adalah tabiat manusia dan tidak mungkin bagi manusia untuk untuk menolak sifat itu. 

Dalam hadits yang lain:
جاء رجل إلى النبى ( صلى الله عليه وسلم ) فقال : يارسول الله : علمنى علماً يقربنى من الجنة ويبعدنى عن النار قال : لا تغضب ولك الجنة 

seorang laki-laki pernah mendatangi Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam lalu berkata: “Wahai Rasulullah ajarkan kepadaku suatu ilmu yang mendekatkan aku ke Surga dan menjauhkan aku dari Neraka.” Beliau shallallahu 'alaihi wasallam menjawab: “Jangan marah dan bagimu Surga.”

2- Yang dimaksud dengan meninggalkan marah adalah menjauhi segala sebab dan sarananya dan segala perkara yang bisa menjerumuskan ke dalam hal tersebut. 

3- Di dalamnya ada kaidah untuk sadu dzari'ah  (menutup sarana yang menjerumuskan kepada keharaman), dan bahwasanya menjaga lebih baik daripada mengobati.

4- Marah menghalangi seseorang dari berlaku adil dalam perkataan dan perbuatan. 

5- Orang yang tidak marah akan perbuatannya dan perkataannya terkontrol baik dalam kondisi ridha maupun marah. 

6- Tidak marah tanda kesempurnaan akal 

7- Keburukan semuanya ada dalam kemarahan 

8- Kemarahan dari Syetan 

9- Orang yang kuat adalah orang yang menguasai hawa nafsunya ketika sedang marah 

10- Orang yang bisa mengendalikan marah berhak mendapatkan janjiNya yaitu, "SURGA."

Tema hadist yang berkaitan dengan Al-Quran:

Menahan amarah sifat orang yang taqwa.

الَّذِينَ يُنْفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ ۗ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.
[Surat Ali 'Imran 134].

Sekian hadits yang dapat disampaikan, semoga dapat menjadi manfaat bagi diri penulis pribadi juga para sahabat.

Subhanakallhumma wabihamdika asyhadu anlaa ilaahailla anta astaghfiruka wa 'atubu ilaih.
Wassalamu'alaykum wa rahmatullahi wa barokatuh.

Komentar